RAPAT BERSAMA EKSEKUTIF, DPRD LOTIM BAHAS PILKADES

  • Selasa, 14 Juni 2022 - 15:35:18 WIB
  • Administrator
RAPAT BERSAMA EKSEKUTIF, DPRD LOTIM BAHAS PILKADES

13/06/2022. Gabungan Komisi I dan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Timur melakukan Rapat Kerja bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Bagian Hukum Setda terkait Pemilihan Kepala Desa yang dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan.

Pemda Lombok Timur saat ini tengah merampungkan Raperda terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Menurut Kabag Hukum Setda Suherman, Raperda Pilkades ini sedang dilakukannya penyelarasan di Kemenkumham sebelum nanti akan di ajukan ke DPRD untuk dilakukannya pembahasan. “Sebagai Informasi Raperda Pilkades ini tengah kita harmonisasi di Kemenkumham sebelum nantinya kami sampaikan ke DPRD, paling tidak sudah dapat dibahas di akhir bulan ini.” terangnya.

DPRD Lotim meminta agar Pilkades di tahun 2023 nantinya tidak dilaksanakan di akhir tahun karena dirasa akan terlalu dekat jaraknya dengan Pilkada, hal itu dilakukan untuk menghindari benturan-benturan di masyarakat, untuk itu melalui Ketua DPRD Kab. Lotim Murnan, S.Pd menyarankan agar Pilkades di tahun 2023 dapat dilaksanakan di bulan juli.

“Kita meminta Kepala Desa yang habis masa jabatannya di tahun 2023 agar dilakukannya pemilihan serentak di bulan Juli untuk menghindari benturan-benturan yang kemungkinan terjadi di tengah-tengah masyarakat.” Ungkap Murnan.

Sementara itu menurut Lukman Nul Hakim Kabid PMD menyatakan kesiapan untuk pilkades ini sudah ada yaitu terkait logistik akan tetapi hanya saja anggaran untuk pilkades belum ditentukan. “Untuk logistik pilkades kita sudah ada karena kita sudah mendapatkan hibah dari KPU Lotim, hanya saja anggaran belum bisa di tentukan karena menunggu Perda,” jelasnya.

DPRD meminta agar Pemda menyiapkan kajian-kajian terkait pilkades, sehingga dapat tercapai kesepakatan bersama kepala desa, serta tidak menjadi konflik di kemudian hari.

  • Selasa, 14 Juni 2022 - 15:35:18 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya