HEARING KOMISI II TERKAIT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT TIPE D DI MASBAGIK

  • Rabu, 09 Maret 2022 - 09:42:43 WIB
  • Administrator
HEARING KOMISI II TERKAIT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT TIPE D DI MASBAGIK

7/3/2022. Komisi II DPRD Kabupaten Lombok Timur melakukan Hearing bersama Forum Masbagik Bersatu (FORMABES) perihal permohonan Hearing Nomor: 04/FORMABES/II/2022 tanggal 21 Februari 2022 terkait Kebutuhan Perubahan Puskesmas Masbagik menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi II M. Waes Al Qarni, SE. dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD M. Badran Achsyid, SE., Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur H. Pathurrahman, dan Rombongan Formabes yang diketuai oleh Bayu Ade Saputra.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi II M. Waes Al Qarni, SE, meminta dalam hearing yang dilakukan di DPRD Kabupaten Lombok Timur agar semua pihak yang terlibat terbuka, khususnya untuk Pemda Lombok Timur agar bisa mengakomodir dan mempunyai keseriusan untuk dilakukannya pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Masbagik. “Kita minta untuk Pemda Lombok Timur mempunyai keseriusan dalam menanggapi tuntutan masyarakat yang ingin dibangunkan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Masbagik” tegasnya.

Ketua Formabes Bayu Ade Saputra menyampaikan bahwa kedatangan mereka ini tidak semata-mata untuk kepentingan organisasi ataupun segelintir orang saja, akan tetapi mereka banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat karena dirasa rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan dirasakan sangat jauh oleh masyarakat, untuk itu perlu dibangunnya Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Masbagik.

“Kedatangan kami disini karena masyarakat sangat memerlukan Fasilitas Kesehatan terutama Rumah Sakit Rujukan, kami juga mengingatkan kepada Pemda Lotim agar tidak hanya memberikan janji untuk dilakukannya pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Masbagik” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, H. Pathurrahman mengatakan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur di tahun 2022 ini sudah mengganggarkan pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Masbagik pada APBD Tahun 2022 sebesar Rp. 750.000.000, besaran anggaran tersebut nantinya akan difokuskan untuk pembangunan fisik berupa tata ruang gedung sesuai standar Rumah Sakit.

“Ada keinginan masyarakat di Kecamatan Masbagik untuk dibuatkannya Rumah Sakit, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur di tahun 2022 sudah memiliki keseriusan, dilihat dari sudah dimasukannya Anggaran untuk biaya pembangunan Rumah Sakit tipe D di Kecamatan Masbagik di APBD Tahun 2022 sebesar Rp. 750.000.000, jelas H. Pathurrahman.”

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua M. Badran Achsyid, SE., mengatakan Pemda Lotim harus mempunyai kejelasan dalam pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Masbagik, ia juga mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Lombok Timur mendukung Penuh pembangunan Rumah Sakit Tipe D ini. “Kami minta pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Masbagik harus jelas, dan kami di DPRD mendukung penuh pembangunan Rumah Sakit tipe D ini, tegasnya”.

Pimpinan rapat M. Waes Al Qarni, SE. mengatakan DPRD Kab. Lotim akan bersurat ke Dikes untuk segera melakukan perubahan status Puskesmas Masbagik menjadi Rumah Sakit Tipe D di Tahun 2022 ini sebagai bentuk keseriusan Pemda Lotim dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

  • Rabu, 09 Maret 2022 - 09:42:43 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya